Contoh Laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Terbaru 2017

Dalam kesempatan ini kami sebagai penguru situs galeriguru.net akan mempostingkan tentang Contoh Laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Terbaru 2017 yang sebagaimana aplikasi yang sudah banyak dibagikan lewat situs-situs pendidikan yang salah satunya adalah aplikasi yang akan kami bagikan ini tentunya sangat di cari dan dibutuhkan untuk memperlancar Rencana Pelaksanaan dana bos sebagai salah satu bantuan yang telah di berikan oleh pemerintah.

Secara umum dari program Bos bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan. Secara khususnya adalah program bos bertujuan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh siswa SD/SDLB negeri dan SMP/SMPLB/SMPT (terbuka) negeri terhadap biaya operasi sekolah. Membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari pungutan dalam bentuk apapun baik itu pada jenjang sekolah negeri dan sekolah swasta.

Buku kas umum digunakan untuk mencatat semua transkasi penerimaan dan pengeluaran baik kas secara tunai maupun giral, mutasi kas dari bank ke tunai dan perbaikan/koneksi kesalahan pembukuan. Dokumen sumber transkai, pertama kali dicatat di BKU baru kemudian di catat di buku pembantu masing-masing. Bentuk BKU menggunakan kolom saldo sehingga posisi kas setiap saat bisa diketahui.

BKU kas itu sendiri dapat dibuat terdiri dari tiga bagian

  1. Bagian pertama -  Untuk menginformasikan identitas satuan kerja, identitas DIPA, pagu belanja per kegitan, tanda tangan pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran dan tan tangan bendahara pengeluaran.
  2. Bagian kedua - Untuk mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas, transaksi mutasi antar tempat kas tersimpatn dan transakai lainnya yang mempengaruhi kas yang dikelola bendahara pengeluaran
  3. Bagian ketiga yaitu untuk lebar catatan pemeriksaan kas baik yang dilakukan oleh pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran atau pejabat lain yang berwenag melakukan pemeriksaan kas bendahara pengeluaran.
Buku pembantu kas ini berfungsi untuk mencatat transaksi penerimaan atau pengelurana yang dilaksanakan secara tunai. Semua transkasi kas, baik transaksi eksternal maupun internal dibukukan dalam buku ini. Bukti transaksi kas ekstrnal sama dengan bukti transaksi yang dipergunakan oleh buku kas umum. Sedangkan bukti transaksi internal dibuat tersendiri. Format diatas harus dibukukan per transaksi dan ditanda tanggani oleh bendahara dan kepala sekolah. Dokumen ini di simpan di sekolah dan diperlihatkan kepada pengawas manajemen Bos Kabupaten/kota dan pata pemeriksa lainnya apa bila diperlukan.

Buku Bank, bentuk dari buku ini sama dengan bukukas. Buku bank mencatat penerimaan dan pengeluaran uang melalui bank. Buku bankpun memiliki dua fungsi yaitu, sebagai buku harian dan sebagai buku tambahan. Saldo buku bank pada pembukuan atau penutupannya, tidak selalu harus merupakan saldo debet. Saldo ini mungkin saldo kredit dan dalam hal ini kita berhutang kepada bank saldo debet buku bank

Pembayaran pajak yang merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan pera serta wajib bajak untuk secara langsung  dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Sesuai dengan falsafah undang-undang perpajakan pembayaran pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga negera untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional

Tanggung jawab atas kewajiban pembayaran pajak, sebagai pencerminan kewajiban kenegaraan di bidang perpajakan berada pada anggota masyarakat sendiri untuk memmenuhi kewajiban tersebut. Hal tersebut sesuai dengan sistem self assessment yang dianut dalam sistem perpajakan indonesia. Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jendaral Pajak, sesuai dengan fungsinya berkewajiban melakukan pembinaan atau penyuluhan, pelayanan dan pengawasn. Dalam melakansakan fungsinya tersebut. Direktorat Jenderal Pajak berusaha sebaik mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi dan misi Direktorat Jenderal  Pajak. Penerbitan buku saku ini merupakan salah satu perwujudan dari fungsi diatas dengan maksud memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang hak dan kewajiban selaku wajib pajak.

Berikut ini berkas yang dapat dijadikan sebagai contoh untuk membuat laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Terbaru 2017 yang dapat diunduh secara gratis dan saya tampilkan sebagian yang termasuk ke dalam buku kas pajak dan buku bantu pajak.

Contoh Laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Terbaru 2017

Contoh Laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Terbaru 2017



Link Download "

Demikianlah untuk uraian yang singkat ini dari postingan tentang Contoh Laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Terbaru 2017, semoga bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Terbaru 2017"

Posting Komentar