Mengelola Dan Mengemas Sajian Informasi - Galeri Guru

Mengelola Dan Mengemas Sajian Informasi - Pada dasarnya ilmu merupakan salah satu pegangan teguh terhadap apa yang sudah di pelajari ataupun yang belum di pelajari. Dan ilmu itu sendiri bagi seseorang perupakan pedoman tuntunan untuk masa depan yang lebih baik. Dan ilmu itu sendiri juga beragam macam yang dapat di pelajari oleh seseorang yang belum memahami semasekali tentang ilmu. Salah satu ilmu yang memang sesuai dengan arus informasi dan teknologi dewas ini semakin cepat seseorang dalam mendapatkan informasi tersebut.

Mengelola Dan Mengemas Sajian Informasi - Galeri Guru

Seiring dengan perkembangan arus informasi ini pula, memungkinkan seseorang atau di antara kita di era komunikasi yang semakin canggih serta semakin mudah cara dan menggunakannya asalkan kita dapat belajar dari apa yang kita belum memahami. Dan untuk itulah dari sekian banyak pengguna layana jasa online yang dapat digunakan sekarang ini semakin mempermudah orang untuk melakukan apa yang memang sudah pernh melakukannya. 

Salah satunya layanan online yang dapat dipergunakan adalah mengelola dan mengemas informasi melalui e-mail secara grats, akan tetapi masih banyak di antara kita yang belum memahami akan mengemas serta mengelola informasi yang baik dengan menggunakan layana kedalam E-email. Lalu bagaimana bagi kita yang belum memahami cara mengelola dan mengemas Informasi ke dalam E-mail.

Karena kita mengetahui bahwa media saat ini yang dirasakan aman dan cepat dalam berkirim surat atau pesan. Sajian informasi yang telah diperoleh melalui kegiatan browsing Internet dapat disalin dan dikemas menjadi sebuah konsep materi baru yang lebih sesuai. Untuk dapat mengemas sebuah sajian informasi ke dalam E-mail, tentunya syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik E-mail adalah memiliki email. Di dalam proses penyutingan sebuah artikel atau pesan dapat dilakukan langsung melalui dari website sumber ke dalam e-mail yang aktif tanpa menyimpan terlebih dahulu.

Sedangkan untuk menjawab pertanyaan di atas, maka dibawah ini adalah jika kita belum memahami cara mengelola dan mengemas sebuah informasi ke dalam e-mail pribadi, maka dibawah ini akan kami uraikan secara sederhana tentang cara atau langkah-langkah untuk mengemas simber informasi referensi ke dalam e-mail pribadi, antara lain.
  1. Aktifkan Accoun email yang anda miliki
  2. Untuk kebutuhan berkirik surat dapat digunakan menu tulis (Compose), perhatikan bagin item menu tulis (Compose), Kepada (To): <Tujuan Surat>; Topik (Subject):<judul/Topik Surat>;ketik surat dan kirim surat.
  3. Aktifkan jendela web yang memuat referensi yang hendak anda salin. Tandai bagian artikel yang kehendak di salin (drag Mouse) Tekan Ctrl+C atau kelik copy, kemudian aktifkan jendela e-mail. Tempatkan keatifan titik sisip pada kotak penulisan surat.
  4. Sedangkan untuk menempatkan hasil copy, tekan cter+V atau tekan menu paste. maka hasil copy akan ditempatkan pada media e-mail
  5. Lakukan dengan langkah yang sama untuk sumber referensi yang lain. Atur kembali konsep ulang hasil penyutingan dari berbagi referensi yang berhasil anda himpun.
  6. Jika anda telah berhasil mengkonsep ulang dan edit telah selesai, baik materi yang anda ketik dapat dikirim sesuai dengan alamat e-mail tujuan dengan menekan menu pada bilah kirim (Send)
Diatas merupakan langkah-langkah atau cara mengelola dan mengemas informasi melalui e-mail, dan tentunya dengan cara mengemas dan mengelola informasi pada dasarnya bahwa kita juga dapat mengirim berbagai file digital lainnya dengan menggunakan e-mail yang kita miliki, Sehingga ini lebih memudahkan kita, jika kita akan mengirikan sesesorang maka dapat kirim secara langsung dengan menggunakan e-mail.

Sedangkan untuk langkah atau cara berkirim file menggunakan e-mail dapat kita lakukan dengan cara-cara dibawah ini:
  1. Persiapkan kelengkapan e-mail yang hendak di kirim, yang disimpan dalam harddisk, CD, flashdisk ataupun CD kaset.
  2. Buka e-mail, dan pilihlah menu Tulis (Compose). Ikuti prosedur sebagaimana menulis dan berkirim e-mail diatas
  3. Perhatikan pada bagian tengah diatas kotak pesan terdapat menu attach Files, pilihlah menu tersebut untuk memanfaatkan fasilitas attach files.
  4. Pada tampilan berikutnya akan ditampilkan jendela attach, yahoo, gmail menyediakan beberapa fasilitas pengiriman attach files sekaligus.
  5. Klik menu choose untuk memasukan pilihan file yang hendak dikirim bersama dengan e-mail, kemudian tentukan nama file yang kehendak di kirim melalui menu Open. Dan akhir dengan menekan menu open, agar proses pengiriman menjadi mudah, maka disarankan untuk mengirim file dengan kapasitas kecil. Jika file besar disarakan untuk dirampingkan kapasitanya dengan mengirim dalam bentuk file ZIP. Winzip merupakan salah satu program yang umum diperunakan untuk merampingkan file yang kapasitanya besar.
  6. Untuk merampingkan file atau mengkompers file besar ke dalam file kapasitas kecil, kami dapat perlihatkan melalui media gambar dibawah ini.Mengelola Dan Mengemas Sajian Informasi
Catatan: Untuk gambar Nomor 1, Pada mouse klik file yang akan di rampingkan kedalam ukuran kecil, kalau tekan kanan pada mouse, akan terbuka seperti gambar yng di tunjukan nomor 2. Selanjutnya pilih Add To Arcive maka akan terbuka tab baru untuk mengkompers file kedalam bentuk winrar.

Itulah cara sederhana dalam menggunakan untuk mengelola dan mengemas informasi melalui sajian informasi dengan e-mail serta cara merubah ukuran file yang berkapasitas besar merubah kedalam kapasitas file bentuknya lebih kecil. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengelola Dan Mengemas Sajian Informasi - Galeri Guru"

Posting Komentar